MODEL PERANGKAT
RPP
IPS
KOMPETENSI DASAR :
MEMAHAMI PERMASALAHAN EKONOMI DALAM KAITANNYA DENGAN KEBUTUHAN
MANUSIA, KELANGKAAN DAN SISTEM EKONOMI
OLEH:
SITTI AISYAH
JAYA
A1A110085
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
HALUOLEO
KENDARI
2012
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa sehingga kami dapat menyekesaikan
perangkat RPP IPS untuk standar kompetensi “Mengidentifikasi Kebutuhan Manusia”.
Perangkat pembelajaran
ini disusun sebagai acuan untuk mengembangakan perangkat pembelajaran yang akan
ditulis oleh guru untuk melaksanakan proses pembelajaran. Perangkat RPP ini
hanya merupakan salah satu model perangkat RPP. Tentu saja sangat dimungkinkan
dikembangkan format-format RPP lain yang secara prinsip tidak jauh berbeda
dengan format ini
Disadari perangkat RPP
ini masih jauh dari kesempurnaan, olehnya itu saran dan kritik kami harapkan
demi kesempurnaan lebih lanjut RPP ini
Kendari, 29
September 2012
Tim Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman Judul.................................................................................................. ........ i
Kata Pengantar................................................................................................. ........ ii
Daftar isi........................................................................................................... ........ iii
Silabus.............................................................................................................. ........
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran................................................................. ........ 1
Pengembangan Materi
Pembelajaran................................................................ ........ 4
Lembar Kerja Siswa......................................................................................... ........ 7
Kunci Jawaban Lembar
Kerja Siswa................................................................ ........ 8
Lembar Penilaian
Kognitif............................................................................... ........ 9
Lembar Penilaian
Afektif................................................................................. ........ 11
Lembar Penilaian
Psikomotor........................................................................... ........ 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
Kelas X / Semester I
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi
Memahami permasalahan
ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi
Kebutuhan Manusia
C.
Indikator
1. Kognitif
Produk
a. Mendeskripsikan
pengertian kebutuhan
b. Menjelaskan
jenis-jenis kebutuhan manusia.
c. Menjelaskan
faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan
Proses
Proses
a. Melaksanakan
diskusi kelompok untuk memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan
manusia.
2. Afektif
a.
Mengembangkan karakter Saling menghargai dan bekerja sama.
b.
Mengemukakan keterampilan mengelurkan
pendapat
3. Psikomotor
a. Keterampilan
mengemukakan pendapat
b. Keterampilan
sharing atau bertukar pendapat
D.
Tujuan
Pembelajaran (TP)
1. Kognitif
Produk
a. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan secara tepat
sesuai dengan kunci jawaban pada LP 3.
b. Melalui
kerja kelompok, siswa dapat Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan manusia secara tepat
sesuai dengan kunci jawaban pada LP 3.
c. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat Menjelaskan faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan
kebutuhan manusia dengan benar sesuai dengan kunci jawaban pada LP 3.
Proses
Proses
a. Dengan
menggunakan LKS siswa dapat melaksanakan diskusi kelompok untuk memahami
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan manusia.
2. Afektif
a.
Mengembangkan karakter Saling menghargai dan bekerja sama.
b.
Mengemukakan keterampilan mengelurkan
pendapat
3. Psikomotor
a. Keterampilan
mengemukakan pendapat
b. Keterampilan
sharing atau bertukar pendapat
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian kebutuhan
2. Jenis-jenis
kebutuhan manusia.
3. Faktor–faktor
yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan
F.
Model
dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran The Power Of Two
(Kekuatan Dua Kepala)
2.
Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya
Jawab
d. Penugasan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Kegiatan Awal
a.
Apresiasi
Guru mengajak para siswa untuk
mengingat kembali tentang permasalahan ekonomi
dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
b.
Orientasi
Menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran
c.
Motivasi
Guru memotivasi siswa tentang
pentingnya memahami kebutuhan manusia
2.
Kegiatan Inti
Penggalan
I
Guru
menghubungkan pengetahuan siswa dengan materi pelajaran.
Guru
menerangkan inti pelajaran dengan menggunakan contoh, dan ilustrasi yang
menarik perhatian siswa.
Penggalan
II
Guru
memberikan soal kepada siswa yang membutuhkan penyelesaian masalah yang
dijawab secara individu.
Setelah
semua siswa menjawab pertanyaan secara individual, guru mengarahkan siswa
untuk bertukar jawaban dengan teman sebangku. Disini terbentuklah kelompok belajar
yg koperatif tipe the power of two Guru bersama siswa membahas soal yang
dianggap sulit oleh siswa.
Kemudian
dalam kelompok yang terdiri dua siswa tersebut membahas jawaban yang telah ditukaruntuk
menentukan jawaban tunggal dari dua siswa tersebut. (perpasangan).
Penggalan
III
Setelah
didapat jawaban tunggal dari masing-masing kelompok, dibahas bersama guru.
Guru
memninta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil jawaban diskusi
kelompok.
3.
Penutup
a.
Merangkum
Guru merangkum dan menyimpulkan materi
pembelajaran
b.
Menilai
Guru memberikan tes tertulis.
c.
Refleksi
Guru mengajak merefleksikan pengalaman
hidup dengan materi pembelajaran.
|
10 Menit
15 Menit
10 Menit
15 Menit
10 Menit
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
a. Penilaian
Produk (terlampir)
b. Penilaian
Proses (terlampir)
2.
Penilaian Afektif (terlampir)
3.
Penilaian Psikomotor (terlampir)
I.
Sumber
Belajar dan Media Pembelajaran
1. KTSP
2006/Kurikulum sekolah
2. Standar
isi Mata Pelajaran IPS
3. Buku
Sekolah Elektronik : Sukardi, 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/MA Kelas X, Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
4. Contoh
berbagai macam kebutuhan manusia
5. Gambar
barang-barang kebutuhan manusia
6. Lembar
Kerja Siswa
Lampiran
1. Materi Pembelajaran
Pengertian
kebutuhan
a.
Tujuan
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan
b.
Uraian Materi
Kebutuhan timbul karena adanya
tuntutan fisik dan/atau psikis agar dapat hidup layak sebagai manusia sehingga
kebutuhan manusia sangat beraneka ragam dan sering tidak dapat dipuaskan. Hal
ini menyebabkan kebutuhan menjadi tidak terbatas. Keinginan dan kebutuhan
kadang disamakan pengertiannya, padahal sesungguhnya ada perbedaan mendasar
yang membedakan antara kedua hal tersebut.
Keinginan adalah hasrat dalam
diri manusia yang jika tidak terpenuhi tidak memengaruhi kelangsungan hidupnya,
sedangkan kebutuhan adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika
tidak terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam pembahasan ini
kita akan menggunakan istilah kebutuhan untuk menunjukkan segala hasrat manusia
terhadap sesuatu baik itu hanya berupa keinginan ataupun kebutuhan itu sendiri.
Beberapa
factor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas antara lain
sebagai berikut :
1)
Sifat
alami manusia .
2) Tingkat
pendapatan.
3) Makin maju
ilmu pengetahuan dan teknologi.
4) Meningkatnya
tingkat kebudayaan manusia.
c.
Penilaian
Insrtrumen : Apa
yang dimaksud dengan kebutuhan?
Kunci
Jawaban : Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau
jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani
Jenis-jenis
kebutuhan manusia.
a.
Tujuan
Siswa
dapat menjelaskan jenis-jenis kebutuhan manusia
b.
Uraian Materi
Macam-macam
Kebutuhan Manusia
1. Kebutuhan menurut
tingkat intensitasnya
a) Kebutuhan
primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan
hidupnya. Supaya dapat hidup manusia harus makan, minum, dan berpakaian. Selain
itu manusia juga memerlukan tempat tinggal atau rumah. Kebutuhan primer juga
disebut sebagai kebutuhan alamiah.
b) Kebutuhan
sekunder adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer terpenuhi.
c) Kebutuhan
tersier atau kebutuhan kemewahan adalah kebutuhan yang terjadi setelah
kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Ia masih memerlukan hal-hal lain yang
tingkatannya lebih tinggi. Namun kebutuhan sekunder cenderung ke arah barang
prestise di dalammasyarakat, missal : berlian, mobil mewah, dan rumah megah.
2. Kebutuhan
menurut sifatnya
a) Kebutuhan
jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani. Misal : makanan, minuman,
pakaian, dan olahraga.
b) Kebutuhan
rohani adalah kebutuhan yang merupakan upaya manusia untuk memenuhi kepuasan
jiwa atau rohani seseorang. Misal : rekreasi, mendengarkan musik, dan ibadah.
3. Kebutuhan
menurut subjeknya
a) Kebutuhan
individu adalah kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang dan pemenuhannya dapat
dilakukan secara individu. Misalnya petani membutuhkan cangkul, siswa membutuhkan
buku tulis dan pensil.
b) Kebutuhan
kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang diraskan oleh kelompok orang
secara bersamaan dan pemenuhannya dapat dilakukan secara bersama-sama, misal :
jalan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.
4. Kebutuhan
menurut waktu
a) Kebutuhan
sekarang adalah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi saat ini dan tidak boleh
ditunda-tunda, misalnya obat bagi orang sakit, makan bagi orang lapar.
b) Kebutuhan
yang akan datang adalah kebutuhan yang sifatnya tidak terdesak dan dapat
ditunda sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Kebutuhan ini berhubungan
dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang. Misalnya orang
tua menabung untuk persiapan sekolah anaknya dan asuransi.
c.
Penilaian
Instrumen
: Sebutkan macam kebutuhan manusia menurut subjeknya!
Kunci
jawaban : Kebutuhan
menurut subjeknya yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok atau
kolektif.
Faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan
a.
Tujuan
Siswa
dapat menjelaskan Faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan
b.
Uraian Materi
Ada beberapa
hal yang menyebabkan kebutuhan manusia antara satu dengan yang lain
berbeda-beda, di antaranya sebagia berikut :
1) Peradaban
Peradaban
adalah satu faktor yang membuat kubutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia
pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan primer, misal nenek moyang
berpakaian memakai kulit kayu dan daun-daunan, makan pun cukup ubi-ubian.
Seiring perkembangan peradaban semakin berkembang pula jenis kebutuhan, manusia
membutuhkan makanan lain yang bervariasi dan pakaian terbuat dari bahan yang
bagus.
2) Lingkungan
Lingkungan
termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan
masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami
pegunungan, penduduk pesisir membutuhkan jarring, perahu, dan pancing agar
dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan
cangkul, benih tanaman, dan pupuk untuk bercocok tanam.
3) Adat
Istiadat
Adat istiadat
juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu/kelompok. Pria Jawa
memiliki tradisi untuk menggunakan blangkon, sedangkan pria di daerah lain
tidak.
4) Agama
Agama
termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda,
misalnya penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang
mengonsumsi daging babi, sedang penganut agama Hindu membutuhkan sesajen dalam
upacara keagamaan dan dilarang mengonsumsi daging sapi.
c.
Penilaian
Instrumen :
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia!
Kunci
Jawaban : Faktor–faktor
yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan adalah peradaban, lingkungan, adat
istiadat, dan agama.
Lampiran
2. Lembar Kerja Siswa
LEMBAR
KERJA SISWA
Petunjuk
Ikuti
diskusi kelas dengan baik kemudian hasilnya tuliskan dalam tabel di bawah ini.
Tabel
1. Faktor-faktor
yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas
No.
|
Faktor-faktor yang menyebabkan
kebutuhan manusia itu tidak terbatas
|
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
Tabel
2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Kebutuhan
No.
|
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Kebutuhan manusia
|
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
Lampiran
3. Kunci Lembar Kerja Siswa
KUNCI LEMBAR KERJA SISWA
Tabel
1. Faktor-faktor yang menyebabkan
kebutuhan manusia itu tidak terbatas
No.
|
Faktor-faktor yang menyebabkan
kebutuhan manusia itu tidak terbatas
|
1.
|
Sifat alami manusia
|
2.
|
Tingkat
pendapatan
|
3.
|
Makin
maju ilmu pengetahuan dan teknologi
|
4.
|
Meningkatnya
tingkat kebudayaan manusia
|
Tabel
2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Kebutuhan
No.
|
Faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan manusia
|
1.
|
Peradaban
|
2.
|
Lingkungan
|
3.
|
Adat
Istiadat
|
4.
|
Agama
|
Lampiran
4. Penilaian Kognitif
A.
Penilaian
Kognitif
1. Penilaian
Produk
a. Apa
yang dimaksud dengan kebutuhan ?
b. Sebut
dan jelaskan macam-macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya !
c. Sebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia !
Jawaban
a. Kebutuhan
adalah hasrat yang
timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat memengaruhi
kelangsungan hidupnya.
b. Kebutuhan menurut
tingkat intensitasnya
·
Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi
agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Supaya dapat hidup manusia harus
makan, minum, dan berpakaian. Selain itu manusia juga memerlukan tempat tinggal
atau rumah. Kebutuhan primer juga disebut sebagai kebutuhan alamiah.
·
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang terjadi
setelah kebutuhan primer terpenuhi.
·
Kebutuhan tersier atau kebutuhan kemewahan adalah
kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Ia
masih memerlukan hal-hal lain yang tingkatannya lebih tinggi. Namun kebutuhan
sekunder cenderung ke arah barang prestise di dalammasyarakat, missal :
berlian, mobil mewah, dan rumah megah.
c. Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Kebutuhan manusia yaitu :
5) Peradaban
6) Lingkungan
7) Adat
Istiadat
8) Agama
2.
Penilaian
Proses
Nama
Peserta Didik : Kelas
:
No
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Baik
|
Tidak baik
|
1.
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
||
2.
|
Kemampuan
bertanya
|
||
3.
|
Kemampuan
mempertahankan pendapat
|
||
4.
|
Penguasaan
substansi materi
|
||
Skor yang dicapai
|
|||
Skor maksimum
|
Keterangan
:
Baik
mendapat skor 1
Tidak
baik mendapat skor 0
Nilai
akhir =
x 100
Lampiran
5. Penilaian Afektif
Skala Sikap
NO.
|
Pernyataan
|
Pilihan Sikap
|
||||
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
||
1.
|
Karakter
Saling menghargai dan bekerja sama perlu ditumbuhkan.
|
|||||
2.
|
Mengemukakan
keterampilan mengelurkan pendapat harus dikembangkan.
|
Keterangan :
SS : Sangat Setuju
R : Ragu-ragu
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
Lampiran
6. Penilaian Psikomotor
Lembar Observasi
NO.
|
Kegiatan
|
Benar
|
Salah
|
1
|
Mengelompokan
barang sesuai tingkatannya
|
||
2
|
|||
3
|
Keterangan
:
Benar
mendapat skor 1
Salah
mendapat skor 0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar