Selamat belajar yachh,semoga postingan ini membantu tamank2...!!

Sabtu, 15 Desember 2012

RPP Ekonomi Kelas X



MODEL PERANGKAT RPP
IPS


KOMPETENSI DASAR :
MEMAHAMI PERMASALAHAN EKONOMI DALAM KAITANNYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA, KELANGKAAN  DAN SISTEM EKONOMI


OLEH:
SITTI  AISYAH  JAYA
A1A110085



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa sehingga kami dapat menyekesaikan perangkat RPP IPS untuk standar kompetensi “Mengidentifikasi Kebutuhan Manusia”.
Perangkat pembelajaran ini disusun sebagai acuan untuk mengembangakan perangkat pembelajaran yang akan ditulis oleh guru untuk melaksanakan proses pembelajaran. Perangkat RPP ini hanya merupakan salah satu model perangkat RPP. Tentu saja sangat dimungkinkan dikembangkan format-format RPP lain yang secara prinsip tidak jauh berbeda dengan format ini
Disadari perangkat RPP ini masih jauh dari kesempurnaan, olehnya itu saran dan kritik kami harapkan demi kesempurnaan lebih lanjut RPP ini



Kendari, 29 September 2012
Tim Penyusun

DAFTAR ISI
Halaman Judul.................................................................................................. ........ i
Kata Pengantar................................................................................................. ........ ii
Daftar isi........................................................................................................... ........ iii
Silabus.............................................................................................................. ........
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran................................................................. ........ 1
Pengembangan Materi Pembelajaran................................................................ ........ 4
Lembar Kerja Siswa......................................................................................... ........ 7
Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa................................................................ ........ 8
Lembar Penilaian Kognitif............................................................................... ........ 9
Lembar Penilaian Afektif................................................................................. ........ 11
Lembar Penilaian Psikomotor........................................................................... ........ 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat Pendidikan                 : SMA
Mata Pelajaran                                    : Ekonomi
Kelas / Semester                                  : Kelas X / Semester I
Alokasi Waktu                                    : 2 x 45 menit
A.    Standar Kompetensi
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi
B.     Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi Kebutuhan Manusia
C.    Indikator             
1.      Kognitif
Produk
a.       Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
b.      Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan manusia.
c.       Menjelaskan faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan 
Proses
a.       Melaksanakan diskusi kelompok untuk memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan manusia.
2.      Afektif
a.       Mengembangkan karakter Saling menghargai dan bekerja sama.
b.      Mengemukakan keterampilan mengelurkan pendapat
3.      Psikomotor
a.       Keterampilan mengemukakan pendapat
b.      Keterampilan sharing atau bertukar pendapat
D.    Tujuan Pembelajaran (TP)
1.      Kognitif
Produk
a.       Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan secara tepat sesuai dengan kunci jawaban pada LP 3.
b.      Melalui kerja kelompok, siswa dapat Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan manusia secara tepat sesuai dengan kunci jawaban pada LP 3.
c.       Melalui diskusi kelompok, siswa dapat Menjelaskan faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia dengan benar sesuai dengan kunci jawaban pada LP 3. 
Proses
a.       Dengan menggunakan LKS siswa dapat melaksanakan diskusi kelompok untuk memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan manusia.
2.      Afektif
a.       Mengembangkan karakter Saling menghargai dan bekerja sama.
b.      Mengemukakan keterampilan mengelurkan pendapat
3.      Psikomotor
a.       Keterampilan mengemukakan pendapat
b.      Keterampilan sharing atau bertukar pendapat
E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian kebutuhan
2.      Jenis-jenis kebutuhan manusia.
3.      Faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan
F.     Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran   : Model Pembelajaran The Power Of Two (Kekuatan Dua Kepala)
2.      Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Diskusi
c.       Tanya Jawab
d.      Penugasan
G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.      Kegiatan Awal
a.      Apresiasi
Guru mengajak para siswa untuk mengingat kembali tentang permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi
b.      Orientasi
Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran
c.       Motivasi
Guru memotivasi siswa tentang pentingnya memahami kebutuhan manusia
2.      Kegiatan Inti
Penggalan I
Guru menghubungkan pengetahuan siswa dengan materi pelajaran.
Guru menerangkan inti pelajaran dengan menggunakan contoh, dan ilustrasi yang menarik perhatian siswa.

Penggalan II
Guru memberikan soal kepada siswa yang membutuhkan penyelesaian masalah yang dijawab secara individu.
Setelah semua siswa menjawab pertanyaan secara individual, guru mengarahkan siswa untuk bertukar jawaban dengan teman sebangku. Disini terbentuklah kelompok belajar yg koperatif tipe the power of two Guru bersama siswa membahas soal yang dianggap sulit oleh siswa.
Kemudian dalam kelompok yang terdiri dua siswa tersebut membahas jawaban yang telah ditukaruntuk menentukan jawaban tunggal dari dua siswa tersebut. (perpasangan).

Penggalan III
Setelah didapat jawaban tunggal dari masing-masing kelompok, dibahas bersama guru.
Guru memninta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil jawaban diskusi kelompok.
3.      Penutup
a.      Merangkum
Guru merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Menilai
Guru memberikan tes tertulis.
c.       Refleksi
Guru mengajak merefleksikan pengalaman hidup dengan materi pembelajaran.
10 Menit











15 Menit






10 Menit













15 Menit





10 Menit

H.    Penilaian
1.      Penilaian Kognitif
a.       Penilaian Produk (terlampir)
b.      Penilaian Proses (terlampir)
2.      Penilaian Afektif (terlampir)
3.      Penilaian Psikomotor (terlampir)
I.       Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
1.      KTSP 2006/Kurikulum sekolah
2.      Standar isi Mata Pelajaran IPS
3.      Buku Sekolah Elektronik : Sukardi, 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/MA Kelas X, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
4.      Contoh berbagai macam kebutuhan manusia
5.      Gambar barang-barang kebutuhan manusia
6.      Lembar Kerja Siswa
Lampiran 1. Materi Pembelajaran
Pengertian kebutuhan
a.       Tujuan
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan
b.      Uraian Materi
Kebutuhan timbul karena adanya tuntutan fisik dan/atau psikis agar dapat hidup layak sebagai manusia sehingga kebutuhan manusia sangat beraneka ragam dan sering tidak dapat dipuaskan. Hal ini menyebabkan kebutuhan menjadi tidak terbatas. Keinginan dan kebutuhan kadang disamakan pengertiannya, padahal sesungguhnya ada perbedaan mendasar yang membedakan antara kedua hal tersebut.
Keinginan adalah hasrat dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi tidak memengaruhi kelangsungan hidupnya, sedangkan kebutuhan adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam pembahasan ini kita akan menggunakan istilah kebutuhan untuk menunjukkan segala hasrat manusia terhadap sesuatu baik itu hanya berupa keinginan ataupun kebutuhan itu sendiri. Beberapa factor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas antara lain sebagai berikut :
1)      Sifat alami manusia .
2)      Tingkat pendapatan.
3)      Makin maju ilmu pengetahuan dan teknologi.
4)      Meningkatnya tingkat kebudayaan manusia.

c.       Penilaian
Insrtrumen : Apa yang dimaksud dengan kebutuhan?
Kunci Jawaban : Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani
Jenis-jenis kebutuhan manusia.
a.       Tujuan
Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis kebutuhan manusia
b.      Uraian Materi
Macam-macam Kebutuhan Manusia
1.      Kebutuhan menurut tingkat intensitasnya
a)      Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Supaya dapat hidup manusia harus makan, minum, dan berpakaian. Selain itu manusia juga memerlukan tempat tinggal atau rumah. Kebutuhan primer juga disebut sebagai kebutuhan alamiah.
b)      Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer terpenuhi.
c)      Kebutuhan tersier atau kebutuhan kemewahan adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Ia masih memerlukan hal-hal lain yang tingkatannya lebih tinggi. Namun kebutuhan sekunder cenderung ke arah barang prestise di dalammasyarakat, missal : berlian, mobil mewah, dan rumah megah.
2.      Kebutuhan menurut sifatnya
a)      Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani. Misal : makanan, minuman, pakaian, dan olahraga.
b)      Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang merupakan upaya manusia untuk memenuhi kepuasan jiwa atau rohani seseorang. Misal : rekreasi, mendengarkan musik, dan ibadah.
3.      Kebutuhan menurut subjeknya
a)      Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang dan pemenuhannya dapat dilakukan secara individu. Misalnya petani membutuhkan cangkul, siswa membutuhkan buku tulis dan pensil.
b)      Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang diraskan oleh kelompok orang secara bersamaan dan pemenuhannya dapat dilakukan secara bersama-sama, misal : jalan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.
4.      Kebutuhan menurut waktu
a)      Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi saat ini dan tidak boleh ditunda-tunda, misalnya obat bagi orang sakit, makan bagi orang lapar.
b)      Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang sifatnya tidak terdesak dan dapat ditunda sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang. Misalnya orang tua menabung untuk persiapan sekolah anaknya dan asuransi.

c.       Penilaian
Instrumen : Sebutkan macam kebutuhan manusia menurut subjeknya!
Kunci jawaban :  Kebutuhan menurut subjeknya yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok atau kolektif.
Faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan   
a.       Tujuan
Siswa dapat menjelaskan Faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan
b.      Uraian Materi
Ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan manusia antara satu dengan yang lain berbeda-beda, di antaranya sebagia berikut :
1)      Peradaban
Peradaban adalah satu faktor yang membuat kubutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan primer, misal nenek moyang berpakaian memakai kulit kayu dan daun-daunan, makan pun cukup ubi-ubian. Seiring perkembangan peradaban semakin berkembang pula jenis kebutuhan, manusia membutuhkan makanan lain yang bervariasi dan pakaian terbuat dari bahan yang bagus.
2)      Lingkungan
Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami pegunungan, penduduk pesisir membutuhkan jarring, perahu, dan pancing agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, dan pupuk untuk bercocok tanam.
3)      Adat Istiadat
Adat istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu/kelompok. Pria Jawa memiliki tradisi untuk menggunakan blangkon, sedangkan pria di daerah lain tidak.
4)      Agama
Agama termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda, misalnya penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang mengonsumsi daging babi, sedang penganut agama Hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaan dan dilarang mengonsumsi daging sapi.

c.       Penilaian
Instrumen : Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia!
Kunci Jawaban :  Faktor–faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan adalah peradaban, lingkungan, adat istiadat, dan agama.

Lampiran 2. Lembar Kerja Siswa
LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk
Ikuti diskusi kelas dengan baik kemudian hasilnya tuliskan dalam tabel di bawah ini.
Tabel 1. Faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas
No.
Faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas
1.       

2.       

3.       

4.       


Tabel 2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan
No.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan manusia
1.

2.

3.

4.


Lampiran 3. Kunci Lembar Kerja Siswa
KUNCI LEMBAR KERJA SISWA
Tabel 1. Faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas
No.
Faktor-faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas
1.       
Sifat alami manusia
2.       
Tingkat pendapatan
3.       
Makin maju ilmu pengetahuan dan teknologi
4.       
Meningkatnya tingkat kebudayaan manusia

Tabel 2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan
No.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
1.       
Peradaban
2.       
Lingkungan
3.       
Adat Istiadat
4.       
Agama

Lampiran 4. Penilaian Kognitif
A.    Penilaian Kognitif
1.      Penilaian Produk
a.       Apa yang dimaksud dengan kebutuhan ?
b.      Sebut dan jelaskan macam-macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya !
c.       Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia !
Jawaban
a.       Kebutuhan adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya.
b.      Kebutuhan menurut tingkat intensitasnya
·         Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. Supaya dapat hidup manusia harus makan, minum, dan berpakaian. Selain itu manusia juga memerlukan tempat tinggal atau rumah. Kebutuhan primer juga disebut sebagai kebutuhan alamiah.
·         Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer terpenuhi.
·         Kebutuhan tersier atau kebutuhan kemewahan adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Ia masih memerlukan hal-hal lain yang tingkatannya lebih tinggi. Namun kebutuhan sekunder cenderung ke arah barang prestise di dalammasyarakat, missal : berlian, mobil mewah, dan rumah megah.
c.       Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan manusia yaitu :
5)      Peradaban
6)      Lingkungan
7)      Adat Istiadat
8)      Agama

2.      Penilaian Proses
Nama Peserta Didik :                          Kelas :         
No
Aspek Yang Dinilai
Baik
Tidak  baik
1.
Kemampuan mengemukakan pendapat


2.
Kemampuan bertanya


3.
Kemampuan mempertahankan pendapat


4.
Penguasaan substansi materi


Skor yang dicapai

Skor maksimum

Keterangan :
Baik mendapat skor 1
Tidak baik mendapat skor 0
Nilai akhir =
 x 100

Lampiran 5. Penilaian Afektif
          Skala Sikap
NO.
Pernyataan
Pilihan Sikap
SS
S
R
TS
STS
1.
Karakter Saling menghargai dan bekerja sama perlu ditumbuhkan.





2.
Mengemukakan keterampilan mengelurkan pendapat harus dikembangkan.





           
            Keterangan :
            SS        : Sangat Setuju
            S          : Setuju
            R         : Ragu-ragu
            TS        : Tidak Setuju
            STS     : Sangat Tidak Setuju

Lampiran 6. Penilaian Psikomotor
          Lembar Observasi
NO.
Kegiatan
Benar
Salah
1
Mengelompokan barang sesuai tingkatannya


2



3




            Keterangan :
            Benar mendapat skor  1
            Salah mendapat skor  0